Tips Memilih Kamera Mirrorless Fujifilm

10/02/2017Leave a reply

Kamera mirrorless Fujifilm merupakan adalah kamera digital yang mulai populer sejak sekitar tahun 2008. Sejatinya, Kamera Mirrorless ini adalah kamera yang mirip dengan kamera DSLR dengan tidak memakai cermin. Bentuknya pun lebih kecil dan ringan apabila dibandingkan dengan DSLR. Semua penggemar fotografi mengetahui bahwa pada sekitar tahun 2005an kamera DSLR dan kamera saku merajai pasaran. Apabila ingin memotret dengan kualitas foto terbaik, dengan kecepatan mumpuni dan bisa dikontrol secara manual, maka pilihan terbaik adalah kamera DSLR. Sementara itu, jika ingin memotret dokumentasi dan ringan untuk dibawa kemana – mana, beruukuran kecil, gampang digunakan sehingga semua orang bisa memakai, harga terjangkau maka pilihannya tentu saja jatuh ke kamera pocket atau kamera saku, meski kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera jenis ini tidak maksimal.

Perkembangan Kamera Mirrorless dan Cara Memilih

Karena adanya perbedaan inilah muncul kamera mirrorless Fujifilm yang bisa dikatakan berada ditenga – tengah karena memiliki bentuk yang kecil, ringan serta mampu menghasilkan foto  dengan kualitas yang bagusnya dengan kamera DSLR. Dalam sistem kerjanya kamera DSLR membutuhkan cermin atau mirror untuk dapat memunculkan gambar di viewfinder. Berbeda dengan hal tersebut, kamera mirrorless Fujifilm memunculkan gambar tanpa menggunakan cermin seperti yang ada di DSLR. Hal inilah yang kemudian menghemat ukuran serta berat kamera mirrorless sekaligus memangkas harga kamera mirrorless Fujifilm. Namun, yang menjadi kekurangan Kamera Mirrorless tidak memiliki viewfinder optik.

Banyak penggiat serta pecinta kegiatan fotografi yang kurang mempercayai fakta bahwa kualitas Kamera Mirrorless Fufjifilm setara dengan kamera tipe DSLR. Akan tetapi setelah kamera jenis ini berkembang dan populer, dan mereka mencoba sendiri Kamera Mirrorless dengan sensor APSC mereka kemudian menyadari bahwa hasil jepretan dari kamera mirrorless memiliki kualitas yang baik setara dengan DSLR.

Akan tetapi, meski sudah sangat populer, masih banyak sekali masyarakat terutama pemula yang bingung tentang bagaimana cara untuk memilih kamera mirrorless Fujifilm yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan. Masih banyak orang yang berpatokan pada resolusi, padahal sejatinya bukan hanya itu.

Yang terpenting saat memilih Kamera Mirrorless Fujifilm adalah harus memperhatikan sensor yang digunakan oleh kamera tersebut. Sensor tersebut adalah faktor yang paling menentukan kualitas hasil foto. Saat ini ada beberapa jenis sensor yang digunakan oleh Fujifilm. Harus diketahui bahwa masing – masing produsen kamera mempunyai beragam ukuran sensor, mulai dari yang berukuran setara dengan kamera DSLR hingga yang sekecil kamera saku. Oleh karena itu, bagaimanakah cara memilih kamera mirrorless yang bagus? Jawabannya adalah tergantung dengan kebutuhan. Apabila untuk  kebutuhan Foto yang membutuhkan kualitas pembesaran atau yang bisa dicetak dengan ukuran besar dan tidak pecah, maka desain dan bentuk kamera harus dinomor duakan.

Namun tidak sedikit pula pergi ket tempat jual kamera mirrorless Fujifilm karena ukurannnya yang kecil, ringkas dan trendy. Akan tetapi, sangat kami rekemoendasikan agar anda membeli atau memilih kamera mirrorless Fujifilm lebih karena sensor yang digunakan. (adv)

 

Leave a Reply